Haruskah orang Kristen merayakan Natal?

Haruskah orang Kristen merayakan Natal? Kedengarannya seperti pertanyaan konyol bagi rata-rata orang, tapi ini penting bagi mereka yang berusaha mematuhi Firman Tuhan. Kita dapat dengan mudah menemukan kelahiran Kristus yang tercatat di halaman-halaman Perjanjian Baru Alkitab. Kita dapat menemukan pesan malaikat yang mengumumkannya dan kata-kata pujian dari sejumlah besar pembawa surga yang merayakannya di dalam Kitab Lukas. Kita dapat menemukan nubuat tentang kelahirannya yang tercatat dalam Perjanjian Lama Alkitab. Apa yang tidak dapat kita temukan di manapun di dalam Firman Tuhan adalah hari raya yang kita sebut Natal.
Image result for Haruskah orang Kristen merayakan Natal?

Mari kita mulai diskusi kita tentang Natal dengan melihat Gereja mula-mula seperti yang dijelaskan dalam Perjanjian Baru. Kebanyakan orang Kristen yang percaya Alkitab mendasarkan model pemujaan mereka saat ini tentang bagaimana orang-orang percaya mula-mula di tahun-tahun awal setelah kematian dan kebangkitan Yesus berkumpul dan menyembah Tuhan. Mereka tidak merayakan Natal. Mengapa? Untuk menemukan jawaban itu, kita harus melihat sejarah liburan ini yang sebenarnya mendahului kelahiran Yesus.

Sejarah mengajarkan kepada kita bahwa ketaatan yang paling awal dari setiap perayaan Natal terjadi lebih dari dua ratus tahun setelah kelahiran Kristus. Perayaan ini berlangsung pada bulan Desember. Ia berusaha menggabungkan perayaan Pagan kuno yang dikenal sebagai Saturnalia (sebuah festival Romawi yang berlangsung setiap tanggal 17 sampai 24, merayakan titik balik matahari musim dingin dan Saturnus yang disegani, dewa penyembelihan Romawi), kelahiran Mithra (dewa kebenaran kebenaran matahari Iran lahir pada tanggal 25 Desember) dan sebuah pesta Romawi yang didedikasikan untuk kelahiran Matahari (yang terjadi sekitar waktu yang sama dengan Saturnalia) dengan gagasan untuk menghormati atau merayakan kelahiran Yesus.

Perayaan Saturnalia pada awalnya ditentang oleh orang-orang Kristen awal karena merupakan hari raya penyembah berhala yang melibatkan pertukaran hadiah dan dipenuhi dengan berbagai macam perilaku berlebihan yang melibatkan makanan dan minuman, serta amoralitas yang merajalela. Baru setelah agama Kristen menjadi agama resmi Kekaisaran Romawi, Kaisar Romawi yang dikenal sebagai Justinian menciptakan liburan yang dikenal sebagai Natal. Dengan berbuat demikian ia menggantikan penyembahan Saturnus dan perayaan kelahiran Matahari dengan penyembahan kelahiran Yesus.

Penting untuk dipahami bahwa ketika agama Kristen menjadi agama resmi Kekaisaran Romawi, itu bukan Kekristenan Alkitab yang diterima oleh kebanyakan Orang Percaya Alkitab saat ini. Itu adalah pernikahan yang tidak suci antara banyak kepercayaan dan praktik pagan, dan apa yang diajarkan gereja mula-mula. Pernikahan ini menghasilkan agama baru. Itu adalah penyimpangan kekristenan yang menyebabkan banyak tradisi dan praktik ekstra-alkitabiah yang tidak ditemukan dalam Firman Tuhan dihormati dan diterima sama dengan Kitab Suci. Orang-orang percaya Alkitab selalu menolak ciptaan ini oleh Kekaisaran Romawi dan terus melakukannya hari ini.

Beberapa saat setelah 500 M, perayaan yang sekarang dikenal sebagai Natal diamanatkan oleh Kekaisaran Romawi. Orang harus merayakan liburan ini. Kelebihan Saturnalia dipertahankan dan Orang-orang Percaya Alkitab pada waktu itu sering terkejut dengan cara yang secara sosial dan moral rusak bahwa orang Romawi merayakan kelahiran Juruselamat. Pada saat ini unsur pagan tambahan ditambahkan pada liburan. Ini mencakup berbagai perayaan festival yang awalnya diikat pada hari-hari awal bulan Januari. Inilah sebabnya mengapa orang merayakan Natal dan Tahun Baru begitu dekat bersama hari ini.

1 Januari adalah Tahun Baru Romawi. Perayaan seputar festival ini meliputi dekorasi rumah dengan lilin, tanaman hijau dan pohon-pohon kecil. Hadiah diberikan kepada anak-anak dan orang miskin. Sekali lagi, tradisi festival ini perlahan menjadi bagian dari perayaan Natal Roma sehingga festival Natal dan Tahun Baru digabung. Tanggal 25 Desember menjadi titik fokus dari semua perayaan ini karena Kaisar Romawi Aurelian sebelumnya telah menyatakan bahwa festival pagan natalis solis invicti (atau kelahiran matahari yang tidak dapat ditaklukkan) harus terjadi pada tanggal yang dimulai pada tahun 274 Masehi sebuah festival yang populer dan sepertinya menghadirkan transisi yang mudah dari merayakan kelahiran matahari untuk merayakan kelahiran Anak Allah.

Unsur tambahan ditambahkan ke dalam Roman Christmas setelah suku Jermanik menyusup ke Roma, menguasai kerajaan dan pindah ke Gaul dan Inggris. Banyak di antara suku-suku ini dengan mudah menerima dan tertarik pada tradisi Druid dan Celtic yang mereka hadapi. Tradisi Jerman, Druid dan Celtic menjadi bercampur aduk dan perayaan yang dikenal sebagai Yule lahir. Unsur festival Yule kemudian ditambahkan ke perayaan Natal Roma. Ritual Yule mencakup pembentukan pohon perayaan yang dihias di rumah, log yule, dan pertukaran hadiah.

Gagasan untuk merayakan kelahiran Yesus berasal dari ritual penyembahan berhala kelahiran raja-raja besar. Misalnya, Raja-raja Timur Tengah (seperti Herodes) dan Firaun Mesir sekarang yang berkuasa akan memiliki perayaan kelahiran setiap tahun dari kendali mereka. Jika umat Kristen mula-mula merayakan sesuatu, pastilah kematian para martir tercinta atau pemimpin gereja mereka yang hebat. Mereka menganggap perayaan kelahiran menjadi kafir.

Bahkan gagasan Santa Claus tidak sepenuhnya berasal dari kompilasi kehidupan Santo Nicholas atau berbagai orang Kristen lainnya yang juga dikaitkan dengan tradisi populer. Selama pesta Yule, dewa Jerman yang dikenal sebagai Odin dikatakan naik melalui langit di atas kuda berkaki delapan atau di atas kereta yang ditarik oleh kuda atau rusa kutub. Anak-anak akan meninggalkan sepatu mereka yang berisi wortel dan sedotan untuk hewan, dan gula atau makanan untuk Odin di cerobong asap mereka. Odin akan mengakui penawaran mereka dengan meninggalkan permen atau hadiah di sepatu mereka.

Setelah mempelajari semua ini kita masih tertinggal dengan pertanyaan apakah orang Kristen yang percaya Alkitab harus merayakan Natal sebagai hari libur keagamaan. Jawaban singkatnya adalah kita seharusnya tidak melakukannya. Ada banyak peringatan Alkitab mengenai perayaan liburan, pesta atau festival yang berhubungan dengan allah palsu. Dalam Yeremia, pasal sepuluh, kita melihat sebuah peringatan kepada Israel melawan astrologi dan praktik mendirikan dan mendekorasi pohon seperti yang dilakukan oleh orang-orang kafir. Yesus sendiri mengatakan kepada orang-orang Yahudi di Matius 7: 9 (KJV): "Dan dia berkata kepada mereka, Baiklah kamu menolak perintah Allah, supaya kamu tetap berpegang pada adat istiadatmu sendiri."

Sekarang hal-hal menjadi sedikit rumit ketika menyangkut pertanyaan tentang bagaimana orang-orang Percaya Alkitab yang terlibat harus merayakan Natal. Itu karena walaupun orang Kristen dipuji untuk keluar dari antara orang-orang kafir dan mengikuti Tuhan (2 Korintus 6:17), kita juga diberitahu dalam 1 Korintus Bab Delapan bahwa memakan daging dan barang-barang lain yang ditawarkan kepada berhala adalah pilihan pribadi. Jika melakukannya berarti menyebabkan orang Kristen yang lemah mempertanyakan ketulusan kita, kita seharusnya tidak melakukannya. Namun, Paulus (penulis surat-surat kepada jemaat di Korintus) dengan cepat menunjukkan bahwa dewa-dewa yang disembah oleh orang lain bukanlah tuhan dan hanya satu Allah yang benar yang ada bagi kita.

Paulus menyajikan kita dengan tema berulang dari semua suratnya dan keseluruhan pesan Perjanjian Baru dalam Alkitab: Orang-orang Kristen bebas dari belenggu dosa. Ini adalah kebebasan yang dibeli dan dibayar oleh kematian Yesus Kristus di kayu salib bukan untuk dianggap enteng atau dipamerkan dengan cara apapun. Namun, umat Kristen telah dibebaskan dari peraturan dan peraturan Hukum Musa. Kita hidup di dunia, merupakan bagian darinya dan terikat oleh sistem pelayanan apa pun yang melayani kita. Misalnya, pasal 13 dalam kitab Roma memberitahu kita untuk membayar upeti, iuran dan bea cukai kepada mereka yang seharusnya. Kita tidak dikecualikan menjadi warga negara yang baik, selama itu berarti kita masih bisa menaati Tuhan dan melakukan kehendaknya.

Saya percaya bahwa mengamati atau merayakan Natal sebagai hari libur keagamaan bertentangan dengan apa yang Alkitab ajarkan. Jika kita merayakannya sebagai hari libur nasional (yang berada di Amerika Serikat), kita berada di tempat yang aman asalkan tidak menghadirkan kesaksian buruk tentang kekristenan kita kepada orang lain. Memikirkannya sebagai hari libur nasional atau sekuler memungkinkan kita berpartisipasi dalam sebagian besar perayaan publik tanpa menghina Tuhan, kecuali hal itu akan menyebabkan orang Kristen berdosa dengan cara tertentu (Contoh: Konsumsi alkohol atau berpesta di antara orang-orang yang tidak bermoral).

The truth is that Christians are constantly subjected to the influence of false gods. A good example of this is Saturday. The day of the week we call Saturday is named for the god Saturn. Should we refuse to observe Saturday? Or, change it to a name we like and confuse everyone? Of course not. That's not to say we should go to the other extreme and attend services at a church that does not believe or teach the Bible or presents a false gospel just because it offers midnight services on Christmas Eve.

Kita harus ingat bahwa Kitab Lukas mengatakan kepada kita di dalam pasal dua bahwa seorang malaikat mengumumkan kelahiran Yesus kepada gembala yang mengawasi domba mereka di malam hari. Lukas juga mengatakan kepada kita bahwa, "Dan tiba-tiba bersama malaikat itu ada banyak host surgawi yang memuji Allah, dan berkata, Kemuliaan kepada Tuhan di tertinggi, dan di bumi damai, kemauan baik terhadap manusia." Pengumuman malaikat tersebut menyebabkan sebuah perayaan surgawi. Hal ini memungkinkan kita setidaknya memiliki kelonggaran ketika harus merayakan kelahiran Yesus. Jadi, orang Kristen dan Tuhan - menghormati layanan gereja dan perayaan perorangan untuk kelahiran Yesus, bahkan di bulan Desember, baik dalam buku saya.

Kami menggunakan uang dengan simbol pagan di atasnya. Kami mengikuti kalender dengan hari dan bulan yang diberi nama sesuai dengan tuhan palsu. Kami membayar pajak kepada pemerintah yang mungkin menggunakan sebagian dari dana tersebut untuk hal-hal yang orang Kristen tidak setujui dan bahwa Alkitab mengajarkan untuk melawannya. Namun, kita diberitahu di dalam Alkitab untuk membayar upeti, iuran dan bea cukai kita. Kita harus hidup di dunia, tapi tidak harus menjadi bagian darinya dalam hal pilihan pribadi, gaya hidup dan kepercayaan kita. Jadi dengan semua itu dalam pikiran, saya mengatakan "Selamat Natal" tanpa rasa takut bahwa saya tidak menghormati Tuhan.

Komentar

Postingan Populer